Sabtu, Juli 12th, 2008 | Author:

Siapa yang tidak pernah punya masalah di dunia ini…?? Jika ada, saya mau berguru padanya :-). (serius ini loh..). TIdak ada manusia di dunia ini yang hidup tanpa masalah.

Sebenarnya hanya ada satu masalah utama yang kita semua hadapi, apapun bentuknya itu. Yakni ketika kita harus bersikap terhadap suatu hal. Itu saja sebenarnya masalah yang selalu kita hadapi.

sebesar atau sekecil apapun masalahnya, cara kita bersikap terhadap suatu hal akan menunjukkan apa dan siapa kita. semakin bijak kita berhadapan dengan suatu hal, akan semakin menunjukkan sampai dimana tingkat kedewasaan kita.

Menurut saya, ketika kita berhadapan dengan suatu hal, kita tidak bisa mengukur dari sisi kemampuan ekonomi, usia, akademis, ke-agamis-an bahkan jumlah pacar/istri/suami seseorang (nah nah..).

Berangkat dari keseharian yang selalu saya perhatikan (mau kemana mas..?), kemampuan seseorang dalam menghadapi sesuatu akan sangat berpengaruh terhadap kemapuan pengendalian emosi seseorang. Emosi bukan sekedar marah atau benci terhadap terhadap sesuatu, tapi lebih daripada itu yakni kemampuan mengontrol diri ketika berhadapan dengan suatu hal. Entah itu seorang hartawan, kakek bercucu 10, seorang guru besar berstatus profesor di suatu perguruan tinggi, ustadz, pastur, pendeta, biarawan, laki-laki beristri 3, apapun dan siapapun dia jika tidak memiliki kemampuan menguasai diri, kelakuannya akan sama seperti seorang anak kecil berusia 6 tahun ketika berhadapan dengan suatu hal. Anda tidak percaya..? silahkan perhatikan sekitar anda. Bahkan yang sedang terjadi di depan mata anda sekarang, bukan tidak mungkin anda tidak bisa membuktikannya.

Sesorang yang tidak bisa menguasai emosi dirinya, bukan tidak mungkin akan bertindak irasional atau tidak masuk akal jika tidak mau disebut bodoh, semau sendiri, tidak memperdulikan orang lain, kekanak-kanakan, tidak berpikir panjang, dan segala macam hal negatif lainnya.

Lalu apa yang harus kita lakukan ketika kita berhadapan dengan suatu hal? Bukan apa yang kita lakukan ketika berhadapan dengan suatu hal, tapi apa yang kita lakukan sebelum berhadapan dengan suatu hal. Apa itu? Hal yang paling utama yang harus kita lakukan setiap hari, setiap pagi adalah kenali diri kita sendiri. Apa yang akan kita lakukan hari ini? Apa yang harus kita persiapkan? Hari ini kita akan bertindak sebagai siapa? dan yang paling penting adalah apa yang harus kita lakukan ketika menghadapi suatu kendala yang akan terjadi hari ini.

Jangan khawatir jika apa yang telah anda rencanakan tidak berjalan sesuai kemauan anda. Sebagai manusia biasa, kita memang tidak bisa membuat sesuatu terjadi secara sempurna sepanjang hari. Akan tetapi jika kita bisa konsisten, bukan tidak mungkin “hari sempurna” itu datang pada anda. Dan ketika hari itu datang, saya bersedia untuk menjadi pendengar yang baik atas pengalaman yang anda alami. Karena saya sendiri masih cukup berat menerapkan itu semua dalam keseharian saya.

Terakhir, yang harus tetap anda lakukan adalah berdoa. Doa sebagai senjata paling ampuh ketika berhadapan dengan suatu hal. Jika semua yang anda lakukan masih belum bisa berhasil, berdoa agar diberikan yang terbaik untuk anda dan orang-orang disekitar anda adalah hal paling bijak yang bisa anda lakukan.

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi anda dan orang-orang yang anda sayangi. (Amin…)

Tags: , , , Category: Ini Duniaku, Munajat
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in


You must be logged in to post a comment.