Kamis, Juli 03rd, 2008 | Author:

Masih ingat ketika anda pertama kali ingin membuat blog? atau mungkin sekarang anda sedang mencoba untuk mulai membuat sebuah blog? Untuk mereka yang benar-benar buta dengan dunia maya seperti yang saya alami dulu (sekarang juga masih kok. hehehe…), pasti mengalami sesuatu yang bernama “bingung” (tapi jangan kelamaan, ntar bisa jatuh). Benar apa benar..?

Lalu apa bedanya nge-blog dengan bikin web..? Hmmm…. Beda dikit.. Ya mirip kembar tapi kakak adik gituu deh… Nge-blog sekedar membuat tulisan yang dipublikasikan lewat dunia maya melalui beberapa situs yang dibuat memang untuk tujuan publikasi tulisan saja. sedangkan bikin web, prosesnya panjang, mulai dari mencari hosting untuk menempatkan file secara online lalu membuat dan mendaftarkan sebuah nama domain sebagai alamat web, lalu membuat pengaturan sedemikian rupa supaya web tampil maksimal.

Nah, nge-blog itu salah satu pilihan aktivitas yang ada dalam proses membuat web. selain membuat blog, kita bisa juga membuat sebuah forum (tempat diskusi segala macam hal), membuat photo gallery (tempat kita nunjukkin photo-photo) secara online, mengunggah (upload) file-file, segala macam file mulai dari sekedar text, software, lagu, bahkan film berkapasitas sebuah keping DVD, dll. Memang bikin web lebih komplek daripada sekedar nge-blog, tapi lebih banyak yang bisa di buat. Kalo boleh disebut, more complex, more powerful. (uhuk uhuk.. batuk saya pake bahasa londo. Heheheh…)

Untuk anda yang ingin mencoba membuat publikasi lewat dunia maya atau sedang mencari referensi baru, berikut ini saya berikan sedikit link ke beberapa web

Website buat nge-blog

Kumpulan website berikut ini menyediakan fasilitas nge-blog yang lumayan. Kalo saya ditanya mana yang paling bagus..? Saya jawab “relatif” alias tergantung anda, karena kebutuhan masing-masing pasti berbeda.

Nah kalo mau lebih komplek supaya lebih bertenaga (mau narik grobak pak..?? Kekekeke…) nih hosting dan domain yang bisa anda dapatkan secara gratis (gretongan boo….. eike paling doyan. Huahuahuahua…)

www.blogger.com
www.blog.com
www.wordpress.com
www.blogspot.com

Hosting Gratisan

Ini beberapa situs yang menyediakan layanan hosting atau untuk meletakkan file secara online.

www.ripway.com
www.000webhost.com
www.zymic.com

Nih yang lebih komplit

www.free-webhosts.com

SubDomain Gratisan

Sementara ini saya hanya tau satu situs yang menyediakan layanan subdomain gratis. Kenapa bisa gratis..? Karena ada beberapa atau sekumpulan orang yang berbaik hati bersedia membuka domain/subdomain nya secara publik, jadi hanya cukup dengan menambahkan satu atau beberapa suku kata di depan domain/subdomain publik tadi, kita bisa mendapatkan sebuah subdomain/subsubdomain secara gratis.

http://freedns.afraid.org

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses

  1. 1
    fathan 

    keren nih,makasih tutornya oms.Ditunggiu yg laenya

  2. 2
    Bram 

    Sekalian review masing-masing BLOG, HOSTING GRATIS, and SUBDOMAIN GRATISnya dong bro…

  3. 3
    dzay 

    @Bram untuk review hosting gratisnya silahkan cek http://www.free-webhosts.com/. komplit dan udah ada gradenya bro..
    untuk layanan subdomain gratis cukup laah.. gak bisa minta lebih juga dari gratisan.. 😀

Leave a Reply » Log in


You must be logged in to post a comment.