Senin, Juli 21st, 2008 | Author:

Hari Minggu kemarin 19 Juli 2008, ada sesuatu yang mengganggu saya. Windows crash. Penyebabnya kabel hard disk yang longgar. Sebenarnya hal ini sudah terjadi beberapa kali pada hard disk saya, tapi yang kali ini benar-benar parah. Menurut perkiraan saya file system terganggu. Harusnya bisa diperbaiki dengan check disk dengan command chkdsk c: /R. Tapi gimana mau masuk ke konsol, drive root (c:) windowsnya saja tidak mau terbaca.

Dicari-cari, cd Windows XP saya ternyata tidak ada di rumah, masih di warnet tertinggal waktu perbaikan yang terakhir tiga minggu lalu. Akhirnya saya coba buka dulu dengan Mandriva 2007 yang terinstal di Hard Disk satunya. Sebenarnya Hard Disk saya yang terpasang di komputer rumah ini ada dua, yakni Maxtor 40Gb dan Maxtor 30Gb. Nah keberadaan Windows ada di Maxtor 40Gb. Ketika saya buka dengan Mandriva, tanda-tanda kehidupan di partisi pertama (system root windows) sama sekali tidak terbaca. Untungnya partisi yang lain masih bisa dibuka, artinya Hard Disk masih oke. Sayangnya di Mandriva tidak ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek kerusakan File System (atau saya yang tidak tahu yah…. Hehehehe….) Maklum lah masih pemula di dunia linuxer :-D. Saya coba cara kedua, tetep menggunakan linux, tapi kali ini dari distro berbeda. Saya gunakan Ubuntu versi 7.10 karena yang versi 8.04 ndak punya (xixixixi….) Di Ubuntu saya tahu ada aplikasi yang cukup berguna untuk partisi hard disk, namanya Gnome Partition Editor biasa disingkat GPartEd. Ketika saya coba jalankan aplikasi tersebut, pilihan pertama yang saya lakukan yaitu checkdisk. Lumayan, setelah proses checkdisk selesai keliatan bahwa isi drive C: windows saya baik-baik saja, meskipun setelah proses check disk selesai masih terdapat error.

CD Windows akhirnya didapat. begitu sampai rumah langsung saja proses booting saya bikin langsung dari cd. Pilihannya bukan install ulang, tidak seperti dulu-dulu kalo saya menemui kerusakan (hehehe…).

Photobucket

Saya pilih opsi repair (r) ketika cd booting sudah mulai berjalan.

Masukkan opsi 1 (karena hanya ada satu partisi window di system komputer saya) lalu masukkan administrator password (untungnya administrator password saya isi ketika instalasi windows ini, karena biasanya saya tidak pernah mengisinya).

recovery console

Sekarang, sudah masuk ke system repair. Pertama saya coba untuk melihat apakah direktori root windows saya sudah bisa diakses atau belum “dir C:” ternyata outputya tidak seperti yang diharapkan. Direktori masih belum bisa diakses. Langkah selanjutnya check disk “chkdsk C: /R” (/R adalah command tambahan untuk repair). Setelah menunggu dalam waktu yang tidak terlalu lama, akhirnya selesai juga. Saya ketik “exit” dan restart.

Proses restart berjalan, root direktori terbaca namun…. ada satu file konfigurasi hilang. Windows masih belum bisa ‘bangun’. Restart kembali, dan masuk ke mode repair kembali. Hampir saja saya buntu dan memilih opsi instal ulang. Tapi gak boleh menyerah, kalo hanya instal ulang opsinya lalu mau maju kapan…?? Setelah masuk mode repair, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah ketik “help“. Saya lihat banyak opsi disana, tapi ada satu yang membuat saya tertarik yaitu “systemroot“.

systemrootLalu saya ketikkan “help systemroot” print outnya kalo diterjemahkan membuat direktori ini sebagai systemroot, dalam hal ini adalah directory c:/windows. Dengan rasa penasaran saya ketikkan “systemroot” lalu “exit“.

Selanjutnya komputer restart, dan setelah masuk opsi booting windows xp, komputer saya booting dengan lancarnya. Saya pikir akan langsung ke mode desktop, ternyata melewati mode check disk dahulu. default check disk by windowsTapi tak apalah, artinya system windows saya sudah berjalan normal. dan memang benar normal sampai saya membuat tulisan ini :-D

Ternyata masih ada aktivitas terakhir bawaan dari windows, yaitu registry recovery.registry recovery Tidak sedikit merepotkan, hanya ada pop up yang memberitahu kita bahwa registry sudah berhasil di recovery.

Dan kembali lah system windows saya seperti semula. :-)

Menyenangkan jika bisa menangani satu masalah, kalo cuma diliatin kan gak selesai-selesai. Hehehehe…

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses

  1. 1
    zsedcasdf 

    Saya hanya ingin mengucapkan terimakasih banyak atas postingannya. akhirnya com saya bisa berfungsi kembali setelah lebih dari seminggu terganggu oleh blue screen. saya sdh berusaha repair, tapi tdk tau apa yang harus diketik pada cmd nya. terima kasih saya ucapkan skali lagi.

  2. 2
    dzay 

    sama-sama.. saya juga senang kalo ada yang terbantu dengan artikel saya

Leave a Reply » Log in


You must be logged in to post a comment.