Rabu, April 08th, 2009 | Author:

Sekali lagi, negara kita tercinta Indonesia diuji dengan sebuah ujian demokrasi yang besar, sebuah ujian yang (sekali lagi) akan menentukan nasib bangsa ini 5 tahun mendatang.

Gema-gema kampanye sudah kita dengar sejak awal tahun ini, dan masih akan berlanjut hingga Pemilu Presiden mendatang. Besok, 9 April 2009, saatnya kita menentukan siapa yang akan mewakili kita di dalam kursi parlemen yang katanya wakil rakyat.

Tidak dipungkiri lagi, pemilu kali ini bisa saja diprediksi unsur GOLPUT akan menjadi unsur terbesar yang pernah ada dalam dunia demokrasi indonesia. Indikasinya dari beberapa Pemilihan Kepala Daerah baik Walikota/Bupati maupun Gubernur. Entah disadari atau tidak oleh para caleg yang besok akan mulai berbagi kursi, tapi kenyataan ini seharusnya bisa menjadi perhatian serius mereka, karena jika digarap dengan benar pastinya unsur GOLPUT tidak akan semakin besar.

Tapi siapa yang mau disalahkan karena dia GOLPUT..? Karena buat mereka GOLPUT itu juga suatu pilihan.. Saya yakin di dalam hati mereka tidak ada keinginan GOLPUT.

Jika.. tidak terlalau banyak janji yang diumbar dan sedikit yang ditepati. Jika.. mereka yang nantinya akan duduk di kursi parlemen adalah benar-benar atas nama rakyat bukan sekedar golongan apalagi pribadi. Jika.. yang terjadi bukan pembodohan kepada rakyat atas nama konstitusi dan undang-undang. Jika.. para calon wakil rakyat ini melek dan benar-benar mengerti apa yang rakyat keluhkan dan butuhkan. Jika.. mereka yang mencalonkan diri ini bersedia mundur dan memiliki rasa malu setidaknya terhadap diri sendiri jika melakukan kesalahan. Jika.. mereka berani bertanggung jawab atas setiap omongan yang mereka lontarkan.

Masih banyak “jika” dan “jika” dan “jika” yang lain yang masih menjadi bukan perkerjaan rumah tapi pekerjaan publik yang harus dikerjakan bersama-sama tapi harus dengan contoh atau tauladan dari orang-orang yang bersedia mengangkat diri mereka untuk mengurus negeri ini.

Entah formula apa yang harus kita gunakan untuk mendapatkan orang-orang yang terbaik di negeri kita tercinta ini.

Semoga saja mimpi indah negeriku yang hijau ini masih bisa terlihat 5 tahun ke depan.. Amien..

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in


You must be logged in to post a comment.