Rabu, November 04th, 2009 | Author:

Beberapa hari ini tidak sabar menunggu rilis Mandriva 2010.0 dan akhirnya hari ini telah resmi rilis (yahoo) .  Wiki Mandriva memastikan itu hari ini.

Seperti rilis-rilis sebelumnya, Mandriva selalu mengeluarkan 3 versi. Mandriva Free yang benar-benar bebas aplikasi dan driver pihak ketiga yang proprietary (berbayar), Mandriva One dalam bentuk LiveCD untuk merasakan performa Mandriva sebelum di instal utuh ke dalam sebuah sistem dan juga Mandriva PowerPack (versi berbayar) untuk kebutuhan yang lebih spesifik.

Hal yang paling nyata terlihat pada versi rilis kali ini adalah pengikut sertaan 2 buah lingkungan desktop yang benar-benar baru di lingkungan linux yaitu Moblin dan Sugar Desktop. Kedua destop ini adalah desktop ringan yang lebih cocok digunakan pada Netbook, untuk Moblin dan OLPC (One Laptop Per Children) Project untuk Sugar Desktop.

Sementara lingkungan desktop yang lama telah di update yakni Desktop KDE 4.3 dan pastinya tidak ketinggalan GNOME 2.28.

Jangan kuatir dengan ketidak stabilan, karena Mandriva Linux sudah dicoba oleh pihak Distrowatch, versi Cooker (versi dalam pengembangan) telah diinstal di Markas Distrowatch untuk beberapa bulan kemaren (DistroWatch Weekly, Issue 327, 2 November 2009), dan sejak sabtu (31 Oktober 2009) kemaren (waktu setempat) Pihak Distrowatch sudah tidak menemukan lagi adanya update Cooker. Bahkan Distrowatch mengklaim “Enjoy it – it does look like a solid release!“.

Menurut infromasi dari pihak Distrowatch, kini rilis ini sedang dalam tahap upload ke mirror seluruh dunia untuk segera di download Mandrivian yang sudah menunggu..

Saya sendiri akan terus mengecek server-server itu supaya bisa saya download segera.. Selamat download, selamat menikmati versi terbaru Mandriva.

Salam Mandrivian (scenic)

Sumber :
http://distrowatch.com/weekly.php?issue=20091102#news
http://wiki.mandriva.com/en/2010.0_What%27s_New

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

6 Responses

  1. 1
    lany 

    (banana_cool) (dance) (banana_rock)

  2. 2
    dzay 

    hush hush.. *geser neng Lany ke pinggiran halaman* (tongue)

  3. 3
    ovan 

    Udah release ya mas.? tak info ke server kambing.ui.ac.id deh… biar bisa di mirror di HDD mandriva yg disana (applause)

  4. 4
    dzay 

    monggo.. (worship)

  5. 5
    andri 

    Kok link download yang mirror jepang baru ada yang 2009.1 ya? (thinking)

  6. 6
    dzay 

    baru ada di mirror prancis sama torrent mas.. 😀

Leave a Reply » Log in


You must be logged in to post a comment.