Jumat, September 06th, 2013 | Author:

CloneZilla

Setelah keliling dunia beberapa hari (lewat google 😎 ) demi mencari sistem cloning yang bisa memindahkan hard disk mesin virtual ke hard disk beneran, akhirnya ketemu dengan CloneZilla.

Sebelumnya server untuk web dzay.info ini menggunakan virtual machine VirtualBox dengan Host OS Windows XP, namun karena hardwarenya selalu bersuhu tinggi dan CPU yang hampir tidak pernah idle, akhirnya dikembalikan ke konfigurasi real machine.

Kendala muncul saat harus cloning virtual disk ke hard disk beneran. Untuk yang terbiasa memakai windows pasti akan memilih Norton Ghost, namun aplikasi ini tidak bisa dipakai untuk virtual disk. Solusi termudah dengan menggunakan clonezilla ini. Dengan menjawab beberapa pertanyaan standar (newbie mode  (evilsmirk) ) dan memilih disk-disk clone, partisi dan booting yang ada di dalam virtual disk berpindah ke hard disk fisik.

Catatan :

  1. Untuk mode disk-image, pastikan space yang ada cukup untuk clonezilla menyimpan file image sementara di dalam /tmp, sebelum dipindahkan ke folder tujuan.
  2. Hard disk tujuan harus sama dengan atau lebih besar dari ukuran hard disk asal. Saya belum tau, apakah karena LVM atau standarnya memang begitu.
  3. Untuk LVM, walaupun cloning berjalan sempurna namun ukuran akhirnya tidak bisa dimaksimalkan semua dan akibatnya ada space sisa jika hard disk tujuan lebih besar dari hard disk asal.

Owh iya, kenapa saya pakai LVM? Karena sudah bawaan konfigurasi CentOS waktu install server awal. (idiot)

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in


You must be logged in to post a comment.